Selasa, 06 Maret 2012

Akses Internet dengan Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)

         Sesuai namanya, koneksi internet Wireless dapat menyampaikan jaringan internet tanpa perantaraan Istilah tanpa kabel disebut pula nirkabel. Umumnya, teknologi nirkabel menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data dan informasi. Gelombang yang umumnya digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz. Metode atau cara nirkabel mampu menyediakan akses internet dengan kecepatan 11-54 Mbps.
            Metode nirkabel juga digunakan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas pada teknologi yang menggunakan kabel. Teknologi ini juga dapat digunakan pada daerah-daerah tertentu yang sangat sulit untuk dipasangi kabel. Perusahaan telekomunikasiyang menggunakan sistem liased line yang jumlahnya sangat terbatas juga dapat terbantu oleh tenologi nirkabel.
            Dalam metode nirkabel tersebut digunakan alat pemancar. Alat ini digunakan untuk menerima gelombang data dari jaringan internet. Tanpa alat pemancar ini, komputer anda tidak dapat mengakses internet.
            Metode nirkabel sangat rentan terhadap gangguan cuaca. Dalam hal ini kelancaran lalu lintas data sangat bergantung pada kondisi cuaca. Akibatnya, kelancaran akses internet juga bergantung pada kondisi cuaca. Sebagai contoh, ketika cuaca cerah, lalu lintas data akan baik. Akan tetapi jika sedang hujan atau banyak petir, lalu lintas data akan buruk.

Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX SMP/MTs

0 komentar:

Posting Komentar