Selasa, 06 Maret 2012

Pengertian World Wide Web

          Sistem pengaksesan informasi di dalam internet yang paling terkenal yaitu World Wide Web (WWW) atau biasa dikenal dengan nama singkat web. Pada tahun 1990 World Wide Web diluncurkan di Conseil Europeen Pour Ia Recherce Nucleaire (CERN), sebuah organisasi riset nuklir di Eropa. Tepatnya berada di Jenewa, Swiss. Seorang ahli komputer yang bernama Sir Tim Beneers-Lee yang menemukan aplikasi World Wide Web. Ahli komputer tersebut dilahirkan di London pada tanggal 8 Juni 1955. Pada awalnya aplikasi tersebut untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi diantara para fisikawan dan ilmuan. Namun, hebatnya Sir Tim Beneers-Lee tidak pernah mematenkan hasil karyanya sehingga anda bisa memakai aplikasi WWW dengan bebas. Aplikasi tersebut memungkinkan halaman internet menampilkan teks, gambar, animasi, video, dan audio. Dengan demikian, web menjadi sarana menarik untuk menyajikan informasi secara interaktif.
            Sebuah halaman internet biasa disebut webpage. Sementara itu, kumpulan dari beberapa webpage yang saling berhubungan disebut website atau situs. Web menggunakan protokol yang disebut dengan Hypetext Transfer Protocol (HTTP) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web ditulis dengn format HTML (Hypertext Markup Laguage). Dokumen ini diletakkan dalam web server (server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang biasa disebut web browser atau browser saja. Sekarang telah dikembangkan format lain untuk membuat website. Format tersebut antara lain dengan Dynamic Hyepertext Markup Laguage (DHTML), Extensible Markup Laguage (XML), dan Active Server Pages (ASP). Format-format tersebut berisikan kode (syintax) untuk menyusun sebuah web. Kode-kode tersebut mengatur teks, gambar animasi serta audio dan video yang ditampilkan pada sebuah halaman web.
            Konsep Hypertext yang digunakan sebenarnya telah dikembangkan jauh hari sebelum kehadiran web. Dengan pendekatan Hypertext ini, seseorang dapat memperoleh informasi dengan melompat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen yang diaksespun dapat tersebar di pelbagai mesin, bahkan di berbagai negara. Bagai jaring laba-laba, jejaring web pun telah membentang ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil risetnya. Akan tetapi, web juga banyak digunakan oleh perusahaan bisnis yang ingin mengiklankan produk atau melakukan transaksi penjualan.
            Pada webpage juga dikenal adanya hyeperlink atau link. Hyperlink atau link dapat menghubungkan setiap webpage dengan webpage lainnya atau dengan website yang lainnya. Pada sebuah webpage, link biasanya berupa teks atau gambar yang ditampilkan berbeda dengan yang lainnya. Link biasanya ditandai dengan garis bawah atau diberi warna yang berbeda. Jika anda mengarahkan pointer pada link, pointer akan berubah menjadi simbol tangan kecil. Link yang anda klik akan membuka webpage lain yang terhubaung.


Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX SMP/MTs

0 komentar:

Posting Komentar