Selasa, 06 Maret 2012

Menggunakan ISP Operator Telepon

            Menurut jenisnya, ISP salah satunya dapat berasal dari operator telepon. ISP ini menyediakan dua jenis metode untuk mengakses internet. Dua metode yang digunakan ISP operator telepon yaitu internet kabel dan internet tanpa kabel (Wireless).
a. Internet Kabel
            Menurut istilahnya dapat diketahui bahwa internet ini menggunakan jaringan kabel untuk mengaksesnya. Di Indonesia, salah satu ISP yang melayani internet kabel yaitu PT Telkom dengan produk telkomspeedy. Internet kabel ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti tidak terpengaruh cuaca serta kualitas penerimaan dan pengiriman data yang cepat. Adapun kelemahannya terletak pada ketidakmampuan dalam melayani mobile internet (internet berjalan).

b. Internet tanpa Kabel (Wireless)
            Internet tanpa kabel yaitu metode mengakses internet yang tidak mengharuskan media peng-akses intenet (komputer, PDA, telepon, smartphone) menggunakan kabel sebagai media penghubungm ke jaringan internet. Transmisi data dari ISP dipancarkan dari tower-tower BTS yang dibangun oleh operator telepon selular tersebut. Kualitas internet tanpa kabel ini masih terpengaruh dengan keadaan cuaca dan ada tidaknya sinyal data dari operator telepon selular yang diterima oleh pengguna internet. Metode wireless ini banyak memberikan keuntungan bagi konsumen yang menginginkan layanan mobile internet (internet sambil berjalan). Maksud dari mobile internet yaitu metode akses internet yang dilakukan tanpa mengenal batas tempat dengan syarat-syarat tertentu. Artinya, metode mobile internet dapat dilakukan di mana pun konsumen berada. Syarat yang diperlukan yaitu ketersediaan sinyal data dari operator selular.


Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX SMP/MTs

0 komentar:

Posting Komentar