Selasa, 06 Maret 2012

Akses Internet Dengan Telepon Seluler

            Awalnya telepon seluler (handphone) hanya digunakan sebagai alat komunikasi layaknya telepon konvensional. Dalam perkembangannya, telepon seluler juga difungsikan sebagai media hiburan. Berbagai teknologi ditanam dalam telepon seluler, misalnya kamera, pemutar video, hingga pemutar musik. Bahkan, mulai dari beberapa waktu lalu telepon seluler bisa digunakan untuk mengakses internet. Internet dapat anda akses langsung mewnggunakan telepon seluler. Artinya, halaman situs atau website dapat anda nikmati di layar telepon seluler
.           Misalkan anda menggunakan telepon seluler jenis Global System for Mobile Communications (GSM) untuk mengakses internet. Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan General Packet Radio Service (GPRS) kartu seluler anda.
Setelah itu anda dapat mengakses internet menggunakan perangkat lunak bawaan telepon seluler. Selain itu anda juga dapat mengunduh dan menggunakan perangkat lunak misalnya Opera Mini.
            Beberapa jenis telepon seluler juga dapat digunakan sebagai modem. Sebagai modem, telepon seluler dihubungkan dengan komputer. Nah, selanjutnya halaman website dapat anda amati pada layar komputer. Komputer yang digunakan dapat berupa notebook atau komputer desktop biasa. Komputer tersebut harus memiliki port data yang dapat menghubungkan komputer dan telepon seluler. Port data tersebut biasanya berupa Universal Serial Bus (USB). Port data dan telepon seluler dapat dihubungkan dengan menggunakan kabel data, sinar inframerah atau bluetooth.
            Sebagai modem, telepon seluler berfungsi untuk memancarkan sinyal. Sinyal tersebut akan diterima oleh perangkat gateway yang dimiliki oleh ISP. Dalam hal ini operator seluler berperan sebagai ISP. Perangkat gateway tersebut berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan internet.

Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas IX SMP/MTs

0 komentar:

Posting Komentar